Jumat, 14 Januari 2011

Blu-ray


Blue Ray


Pendahuluan
Peralatan elektronik selalu berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Salah satunya yang mengalami perkembangan pesat adalah media penyimpanan data digital. Dimulai dengan era video casette Betamax dan VHS berkembang hingga munculnya teknologi media cakram. Teknologi cakram kemudian diterapkan pada cakram optik yang diilhami dengan munculnya era High Definition Video (HD). Yang nantinya dikembangkan menjadi cakram optik Blu-ray.
Isi
Blu-ray Disc merupakan generasi baru dari cakram optik untuk penyimpanan media digital yang termasuk dalam format definisi tinggi (high-definitio video). Nama Blu Blu-ray merupakan kombinasi dari Blue (blue violet laser) dan Ray (optical ray). Ejaan "Blu-ray" memang sengaja dituliskan tanpa karakter "e" agar dapat dicatatkan sebagai merek dagang (Dharmawan, 2008). Blu-ray memiliki dua varian yaitu Blu-ray ber-catridge dan Blu-ray tanpa Catridge (Sholeh, 2010). 

 Untuk cakram Blu-ray single layer memiliki kapasitas penyimpanan data 25 GB atau 27 GB, cukup untuk menyimpan data video dan audio berdurasi empat jam dengan kualitas video definisi tinggi (high-definition) (Sholeh, 2010). Sedangkan cakram Blu-ray dual-layer berkapasitas 50 GB dapat menampung video definisi tinggi berdurasi 9 jam atau video berdurasi standar (SD) berdurasi 23 jam (Wikipedia, 2010). Cakram Blu-ray ukuran miini 8 cm mampu menyimpan data lebih dari 7,5 GB, yang mampu merekam (BD-R) dan di hapus kembali (BD-RE) (Info, 2009).Untuk audio, Blu-ray mendukung format PCM, Dolby Digital, Dolby Digital Plus, DTS, DTS-HD, serta Dolby Lossless. Format BD-ROM memiliki tiga video codec yaitu, MPEG-2, MPEG-4 H.264/AVC, dan VC-1 (Sholeh, 2010). Cakram Blu-ray dapat menampilkan gambar hingga ukuran resolusi 1920 x 1080 (Dharmawan, 2008).

Sebagai generasi terbaru cakram penyimpanan data, Blu-ray memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan Cakram DVD (Dharmawan, 2008). Cakram Blu-ray memiliki panjang gelombang 450 nanometer yang dapat menyimpan data lebih banyak dari pada DVD yang memiliki panjang gelombang 650 nanometer. Cakram Blu-ray memiliki kapasitas enam kali lebih besar dari pada sebuah cakram DVD. Sinar yang lebih pendek ini juga mempengaruhi proses baca dan kompresi video menjadi lebih presisi sehingga data yang disimpan tak akan terlewatkan (Info, 2009). Cakram Blu-ray juga bisa dilengkapi dengan peranti antipembajakan yang lebih canggih. Hal ini memberikan perlindungan yang lebih pasti bagi pemegang hak cipta dan konsumen (Dharmawan, 2008). 


Pengarang           
Judul                     
pengertian            
spesifikasi teknis                              
perbandingan keunggulan Blu-ray dengan cakram DVD
Wikipedia
Cakram Blu-ray
Cakram Blu-ray (Inggris: Blu-ray Disc disingkat BD) adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. 
Cakram Blu-ray dua lapis berkapasitas 50 GB dapat menampung video definisi tinggi (HD) berdurasi 9 jam atau video definisi standar (SD) berdurasi 23 jam. Secara rata-rata, sebuah cakram Blu-ray satu lapis dapat menampung video MPEG-2 definisi tinggi berdurasi 135 menit dengan bonus 2 jam dalam kualitas definisi standar. Versi dua lapis dapat menampung video definisi tinggi berdurasi 3 jam dengan bonus dalam kualitas standar berdurasi 9 jam.
  • Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD.
  • Blue ray lebih pendek dari panjang gelombang laser memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak informasi pada 12 cm CD / DVD ukuran disk.
Dharmawan, Alexander
 Lompatan Cakram Optik
Cakram ini merupakan generasi baru dari cakram optik untuk penyimpanan media digital yang termasuk dalam format definisi tinggi.
  • Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya.
  • Cakram Blu-ray menawarkan kompresi video yang paling mutakhir. Resolusi videonya hingga 1080p. Untuk hiburan berformat HD, cakram Blu-ray mampu menampilkan gambar hingga ukuran resolusi 1920 x 1080 yang akan tampak sangat bagus pada layar televisi ukuran besar.
  • Blu-ray juga mempunyai transfer data berkecepatan tinggi yang mampu mentransfer data sebesar 50 MB setiap menitnya. Melalui konketor High Definition Multimedia Interface (HDMI), cakram termutahir ini menawarkan berbagai standar audio terbaik, seperti Dolby Digital, Dolby Digital Plus, Dolby TrueHD, DTS, dan MP3 audio decoding.
  • Cakram Blu-ray juga bisa dilengkapi dengan peranti antipembajakan yang lebih canggih. Hal ini memberikan perlindungan yang lebih pasti bagi pemegang hak cipta dan konsumen.
Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak ketimbang format DVD. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis sama.
Sholeh
Blu-Ray
Blu-Ray Disc adalah media penyimpan data berupa cakram optik yang dapat menyimpan video definisi tinggi (high-definitio video).
  • Blu-ray memiliki dua varian yaitu Blu-ray ber-catridge dan Blu-ray tanpa catridge. Untuk cakram Blu-ray (BD) single layer memiliki kapasitas penyimpanan data 25 GB atau 27 GB, cukup untuk menyimpan data video dan audio berdurasi empat jam dengan kualitas video definisi tinggi (high-definition). Sedangkan keping cakram Blu-ray (BD) dual-layer memiliki kapasitas penyimpanan data 46,6, 50, atau 54 GB, cukup untuk menyimpan data video definisi tinggi (HD) serta audio berdurasi delapan jam. 
  • Format BD-ROM memiliki tiga video codec yaitu : MPEG-2, standar yang biasa digunakan untuk DVDs, MPEG-4 H.264/AVC, dan VC-1, sebuah codec berbasis Microsoft Windows Media 9. 
  • Untuk audio, BD-ROM mendukung format (uncompressed) PCM, Dolby Digital, Dolby Digital Plus, DTS, DTS-HD, serta Dolby Lossless (format kompresi lossless juga dikenal sebagai MLP).
  • Blu-ray menggunakan laser warna biru dengan panjang gelombang paling pendek (405 nm), dimana memiliki kemampuan menyimpan data lebih banyak dari sekeping cakram DVD. Fisik sama persis seperti DVD, hanya saja kalau DVD menggunakan sinar laser warna merah dengan panjang gelombang (650 nm).
  • Blu-ray mempunyai fitur keamanan eksperimental bertitel BD+, memungkinkan secara dinamis mengubah skema enkripsi. Kemungkinan yang terjadi skema bisa dibuka (di-crack), pabrikan dapat meng-up date skema enkripsi dan meletakkannya ke semua cakram baru, untuk mencegah upaya pembukaan skema enkripsi. Kelemahan yang dimiliki oleh model enkripsi dinamis yang dibuat oleh DeCSS begitu merugikan bagi industri hiburan : CSS bisa di-crack, semua DVD crackable.
Info, Macam2
Blu-Ray, Disk Penyimpanan Masa Depan
Blu-Ray atau yang dikenal juga dengan Blu-Ray Disk (BD) adalah sebuah media penyimpan data seperti CD dan DVD.
Type Media : Hight Density Optical Disc
Format : MPEG-2, H.264/MPEG-4 AVC, dav VC-1
Kapasitas : 25 GB (Lapis Tunggal)
50 GB (Lapis Doubel)
Ukuran Blok : 64 kb ECC
Pembacaan : 405 nm laser
Mekanisme : 1 × at 36 Mbit/s (4.5 Mbyte/s)
2 × at 72 Mbit/s (9 Mbyte/s)
4 × at 144 Mbit/s (18 Mbyte/s)
6 × at 216 Mbit/s[1] (27 Mbyte/s)
8 × at 288 Mbit/s (36 Mbyte/s)
12× at 432 Mbit/s (54 Mbyte/s)
Pengembang : Blu-ray Disc Association
Penggunaan : Penyimpan Data
Video berdefenisi-tinggi
Audio berdefenisi-tinggi
PlayStation 3
 
Karena panjang gelombang blu-ray hanya 450 nanometer, jadi blu-ray dapat menyimpan lebih banyak data dari pada DVD yang mempunyai panjang gelombang 650 nanometer. Sinar yang lebih pendek ini juga membuat proses baca jadi lebih presisi sehingga data yang disimpan tak akan terlewatkan. Sebuah blu-ray berlapis ganda dapat manyimpan data sampai 50 Gigabyte, hampiar 6 kali kapasitas sebuah DVD yang sama-sama berlapis ganda.

Penutup
  Cakram blu-ray pada saat ini dianggap sebagai cakram penyimpanan digital yang dianggap paling unggul dan dapat melampaui kemampuan cakram lainnya, dikarenakan memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih presisi dan kapasitas penyimpanan datanya paling besar dibandingkan jenis-jenis cakram lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar